MADIUN – Pemerintah Kota Madiun menggelar upacara memperingati Hari Jadi Pemprov Jawa Timur yang ke-74. Diikuti kepala OPD, pejabat struktural, camat, lurah, hingga kepala sekolah di wilayah Kota Madiun, kegiatan berlangsung di halaman Balaikota Madiun, Senin (14/10).
Dalam kesempatan itu, Walikota Madiun Maidi membacakan sambutan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Gubernur menyampaikan bahwasannya hari jadi yang diperingati ini tak lepas dari perjuangan para pendahulu. Karenanya, wajib diisi dengan berbagai kegiatan bermanfaat untuk kemajuan Jatim.
Gubernur pun mengimbau kepada pemerintah daerah untuk ikut membangun Jatim. Yakni, dengan mengupayakan pengentasan kemiskinan, menyediakan fasilitas kesehatan, memperluas lapangan pekerjaan, serta merawat lingkungan.
Tak hanya itu, Walikota juga menyampaikan bahwa raperda RPJMD Kota Madiun telah disetujui oleh DPRD Kota Madiun pada 11 Oktober lalu. Walikota pun memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah membantu penyusunan RPJMD hingga disahkan oleh para anggota dewan.
Namun, Walikota juga mengimbau kepada seluruh pejabat dan OPD di lingkungan Pemkot Madiun untuk memahami isi RPJMD. Sehingga, dalam menjalankan program dan kegiatan sudah sesuai dengan visi misi pimpinan daerah dalam membangun Kota Madiun hingga 5 tahun ke depan.
“RPJMD ini sebagai acuan. Maka harus benar-benar dipahami. Terutama, oleh OPD yang menjalankan,” ujarnya.
Walikota pun menegaskan, pimpinan OPD wajib menguasai materi RPJMD. Serta, mengoptimalkan kinerja agar nilai SAKIP dapat diperoleh maksimal, yaitu A.
Setelah upacara, Walikota dan OPD bersama-sama menandatangani perjanjian komitmen kinerja. Dengan penandatanganan ini diharapkan kinerja OPD semakin maksimal, efisien, dan penuh inovasi